Sabtu, 04 Juli 2020

Sagusablog


Sagusablog atau Satu Guru Satu Blog termasuk salah satu kegiatan yang diprakarsai Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sagusablog kali pertama dilaksanakan di Surabaya pada 6 s.d. 10 Oktober 2016 dalam rangkaian kegiatan ToT Literasi Produktif Berbasis IT dalam kelas Mobile Blogging dengan pelatih Amin Mungamar (Mr. Mung), dan Dahli Ahmad (Kang Dahli).

Sagusablog bertujuan mengajak guru di seluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu.

Sagusablog membuka pelatihan daring (workshop online, red) menggunakan sarana percakapan melalui aplikasi Telegram, didukung dengan modul dan video pembelajaran sehingga mudah dipahami peserta pelatihan daring walaupun belajar mandiri di rumah masing-masing. Selain pelatihan daring, Sagusablog juga sering mengadakan kegiatan langsung di beberapa daerah di Indonesia dengan mendatangkan pelatih Sagusablog Nasional.

Sagusablog memberikan pelatihan cara membuat media pembelajaran berbasis blog kelas dasar dengan materi sebagai berikut.
  1. Membuat blog dengan blogger
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
  3. Mendesain header blog
  4. Mengelola dan menghias blog
  5. Membuat dan mengelola menu blog
  6. Membuat dan mengelola soal online di Google Drive
Pelatihan Sagusablog Kelas Dasar yang penulis ikuti ini merupakan penyelenggaraan ke-42 yang diikuti oleh 1123 anggota IGI yang mendaftar. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-20 Juni 2020. Jika lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan dengan durasi 34 jam dan berhak mengikuti pelatihan kelas lanjutan.

Adapun 
Sagusablog Kelas Lanjutan yang penulis ikuti ini merupakan penyelenggaraan ke-43 yang diikuti oleh 534 anggota IGI yang mendaftar. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1-7 Juli 2020. Jika lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan dengan durasi 39 jam. Di kelas lanjutan, peserta belajar materi pelatihan berikut.

  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)


Lokasi: Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar